Header Ads

Pemimpin Gereja Papua Barat bertemu dengan anggota parlemen Selandia Baru 16 Mei 2016

Pada tanggal 12 Mei Pendeta Socratez Sofyan Yoman, Ketua Papua Barat Baptist Church Alliance mengunjungi Wellington dan bertemu dengan beberapa anggota parlemen dari Selandia Baru.
Pertemuan ini diselenggarakan oleh berdiri lama pendukung Papua Barat Catherine Delahunty MP yang baru-baru menyerukan gerakan di parlemen Selandia Baru untuk mendukung panggilan untuk Vote internasional pengawasan di Papua Barat. Hon. Catherine Delahunty juga mempertanyakan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray Mcully hari berikutnya tentang pelanggaran HAM di Papua Barat dan bertanya apakah ia akan bertemu dengan Pendeta Yoman. Sementara Menteri Luar Negeri menolak untuk bertemu dengan Pendeta Yoman, ia mengatakan bahwa para pejabat dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan akan bertemu.

Selama pertemuan dengan anggota parlemen lainnya di parlemen, Pendeta Yoman memberikan pandangannya tentang penderitaan dan perjuangan rakyat Papua Barat dan anggota parlemen yang hadir menjanjikan dukungan mereka untuk mendukung hak asasi rakyat Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri.

Anggota parlemen digambarkan dengan Pendeta Yoman adalah:

Louisa Wall, Denise Roche, Carmel Sepuloni, Adrian Rurawhe, Marama Davidson, Catherine Delahunty, Poto Williams dan Mojo Mathers.
Pendeta Yoman juga diwawancarai oleh Radio Selandia Baru dan dia berkata dalam hati mereka semua orang Papua akan memilih untuk tidak menjadi bagian dari Indonesia.

"53 tahun di bawah pendudukan Indonesia. 53 tahun dari sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah SMA, universitas, mereka mendapatkan pendidikan dari Indonesia. Tapi mengapa mereka masih melawan Indonesia? Papua Barat tidak pernah mengubah pikiran mereka tentang hal ini, mereka kuat nasionalis Papua Barat. "

Ia mengatakan pelanggaran melawan West Papua oleh aparat keamanan Indonesia hanya memburuk sejak kunjungan terakhirnya ke Selandia Baru.

"Ini adalah masalah kemanusiaan. Selama pemerintah Indonesia terus melakukan pelanggaran hak asasi manusia, ini adalah masalah kemanusiaan. Ini adalah masalah global, kekhawatiran global. Keprihatinan saya adalah orang saya, pemilik tanah, bagaimana mereka diperlakukan seperti, manusiawi seperti binatang. "

Anda dapat mendengarkan Wawancara Radio dengan Pendeta Socratez Yoman di sini.

ShareTranslate  : voicegmap

Tidak ada komentar

Bloger. Diberdayakan oleh Blogger.