Header Ads

Jalan Makki – Bolakme Perlu Kajian Amdal

Suasana konsultasi publik proses amdal rencana pembangunan jalan Tiom – Makki, Lanny Jaya – Bolakme, Jayawijaya di Baliem Pilamo Hotel Wamena, Rabu (16/3/2016) – Jubi/Islami
Wamena, Jubi – Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua bekerja sama dengan dinas PU Kabupaten Jayawijaya dan Lanny Jaya melakukan kajian Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) untuk pembangunan jalan Makki, Lanny Jaya menuju Bolakme, Jayawijaya sepanjang 40 kilometer.

Dalam konsultasi publik proses amdal rencana pembangunan jalan Tiom – Makki – Bolakme yang digelar di Wamena, Rabu (16/3/2016) itu, Sekretaris Daerah Lanny Jaya, Christian Sohilait mengatakan jalan dari Makki ke Bolakme harus ada Amdal.
Kontur jalan itu berada di atas gunung dengan kemiringan sekira 45 – 60 derajat memang memerlukan kajian.

Jalan tersebut melewati sungai yang dilalui masyarakat setempat yang hidup dari sungai dan mata air itu.
“Jangan sampai jalan ini masuk, orang punya air minum tidak bisa dipakai, sungai tidak bisa digunakan lagi dan akan jadi bencana longsor karena itu perlu Amdal,” kata Sohilait.

Disebutnya masyarakat Lanny Jaya dan Jayawijaya memerlukan akses jalan sehingga jalan tetap dibuat.
“Kalau nantinya mereka lihat tempatnya kurang baik, maka terasenya atau pembangunan jalan akan dipindahkan,” katanya.

Hampir semua jalan yang dibangun di Lanny Jaya sedang dilakukan kajian amdal dan ruas jalan Makki-Bolakme paling rawan.

“Sejauh ini prosesnya pembangunan jalan Makki tembus Bolakme ini sudah 40-50 persen. Sebelumnya jalan ini sudah ada hanya saja peningkatan jalan atau pelebaran yang didanai APBD Provinsi Papua,” katanya.
Kasubid Amdal BPLH Papua, Erwan Renggo mengatakan pembangunan jalan Makki – Boklakme memerlukan kajian amdal. Sesuai peraturan pembangunan jalan bahwa dilakukan kajian amdal pada jalan sepanjang lebih dari enam kilometer.

“Nanti tim kami akan lihat untuk amdalnya, karena ini demi kepentingan pemerintah daerah juga masyarakat yang nantinya akan mendapatkan akses jalan itu,” kata Erwan. (Islami)

Share : Voice Gman-p

Tidak ada komentar

Bloger. Diberdayakan oleh Blogger.